Friday, December 11, 2015

Yang Selamat Sedikit karena Kebanyakan Tidak Tahu

Berapa banyak orang yang sholat, tetapi hanya memperoleh lelahnya saja. berapa banyak orang puasa, tetapi hanya dapat lapar dan dahaga saja. Berapa banyak orang beramal dengan amalan-amalan yang banyak dan besar, tetapi semua tertolak.

Marilah renungkan sedikit hal ini. 

Semua amal manusia dibawa oleh para malaikat melewati tujuh penjaga langit sebelum sampai kepada Allah SWT. Kebanyakan ditolak karena banyaknya penyakit hati dari seorang manusia. Terlebih jika amalnya bukan karena Allah, melainkan ada pamrih tertentu, maka tertolaklah semua amalannya.

Ibarat yang sesuai, ada 1000 orang beramal kebaikan, maka oleh Allah dilimpahi dengan keduniaan, maka 900 orang berpaling ke dunia. Tinggal 100 orang diuji dengan keburuan, 90 orang berputus asa. Tinggal 10 orang diuji dengan perlihatkan sorga, 9 orang tertarik masuk sorga. Tinggal 1 orang diuji dengan perlihatkan neraka, dia tidak takut kepada neraka. Dia lebih takut kepada Allah sehingga ia selalu waspada menjaga diri dari syirik dan perbuatan tercela. Luluslah satu orang itu sebagai hamba yang ikhlas.

Sebegitu tidak mudahnya perjalanan menuju ridho Allah. Namun, dengan selalu belajar, mohon apunan dan menikhlaskan semua amla ibadah hanya untuk Allah maka mudah-mudahan kita masuk ke golongan orang yang selamat tadi. 

Untuk mencerahkan hati kita maka marilah kita ikuti nasihat para ulam ayang mendapat petunjuk dari Allah, bukan ulama jahat. Berhati-hati dalam setiap langkah. belajar ilmu syarea'at, tarekat, hakikat, dan ma'rifatullah lewat para guru mursyid dan guru wasilah agar selamat dalam menempuh perjalanan menuju Allah SWT.

No comments:

Post a Comment