Tuesday, December 1, 2015

Apakah Zakat yang Sebenarnya Itu?



Rukun Islam yang ke tiga adalah zakat.
Zakat fitrah kita tunaikan setiap menjelang hari raya Iedul fitri. Zakat mal kita tunaikan setiap harta mencapai senisob. Selanjutnya mari kita renungkan ini.

Memberi harus berlandaskan keikhlasan. Mengukhlaskan sebagian yang kita miliki sebagai keharusan karena ada hak orang lain dalam harta milik kita. Namun, lebih dari itu mengikhlaskan sesuatu itu tidak hanya teratas pada harta benda. Ternyata bagi seseorang yang memang sudah bisa belajar ikhlas, dia dengan gembira akan mengikhlaskan apa saja. Harta, tenaga, pikiran, waktu, jiwa dan raganya diikhlaskan untuk membantu sesama manusia maupun sesama makhluk lain.

Sebuah contoh, bagaimana seorang pelacur bisa masuk sorga? Karena dia ikhlas menolong seekor anjing yang kehausan ketika dia menimba air di sumur. Dia tidak hanya memikirkan dirinya sendiri, bahkan terhadap makhluk lain pun ia masih memiliki rasa belas kasihan. Rasa kasih sayang pada sesama inilah yang disukai oleh Allah sehingga sang pelacur yang banyak dosa pun diampuni dosa-dosanya.
Mari kita belajar berzakat, artinya mengukhlaskan sebagian dari harta, tenaga, ilmu, pikiran, dan sebagainya untuk siapa pun yang membutuhkan.

No comments:

Post a Comment